Selasa, 23 Oktober 2012

Ford Mustang

Saya akan post berbagai jenis mobil klasik dunia per minggu. Dari foto ke spesifikasi, saya akan berusaha untuk menyampaikan informasi sebanyak mungkin tentang mobil-mobil klasik. (ini hanya tugas sekolah).


Ini post pertama saya. Saya akan memlai dengan mobil klasik yang merupakan sukses Ford Motors Co. Amerika. Inilah Ford Mustang. Sang Mustang merupakan salah satu mobil paling ikonis di seluruh dunia. Mustang tersebut merupakan awal timbulnya era Muscle Cars di Amerika. Muscle Cars merupakan mobil dengan bodi yang sering dijulukkan "pony car" dan memiliki mesin yang mengeluarkan horsepower (tenaga kuda) yang banyak. Ford Mustang dapat mudah di-identifikasi karena ia memiliki bodi yang unik dengan muka depan bagaikan "moncong" yang memberikan kesan agresif dan bahwa ia memiliki lambang kuda berlari di beberapa bagian eksteriornya.

Ford meriliskan Mustang pada pertengahan tahun 1964. Terdapat 2 model; Coupe (2pintu yang standar), dan Convertible (atap terbuka). Pada akhir tahun tersebut, Ford telah menjual lebih dari 120.000 unit Mustang. Pada tahun 1965, Ford menambahkan tipe baru pada Mustang; "2+2 Fastback". Mustang Fastback merupakan salah satu Mustang yang paling populer sekarang. Bodi Mustang Fastback sangat unik karena bagian atap Mustang tersebut menjulur ke bawah sampai bagian ujung belakang. 2+2 berarti ada 2 kursi di depan dan di belakang, tetapi kursi yang di belakang sangat sempit. Pada tahun 1966, Ford telah menjual lebih dari 1 juta unit Mustang.

Selama produksi Mustang, telah muncul beberapa model Mustang yang merupakan upgrade dari Mustang yang dasar. Salah satunya adalah Ford "Shelby" Mustang GT 350. Mustang tersebut dibuat oleh Carroll Shelby. Ia berasal dari Texas dan ia seorang pembalap. Ford ingin Mustang ikut dalam pembalapan otomotif bangsa dan beradu dengan berbagai mobil saingan lainnya. Shelby mengambil beberapa model Mustamg fastback dan me-modifikasi nya hingga jadilah "GT 350". GT 350 merupakan sebuah Mustang yang memiliki upgrade performa yang banyak dan merupakan salah satu Mustang yang paling dicari oleh kolektor. Dan menurut saya, harganya telah meningkat karena Carroll Shelby baru saja meninggal dunia beberapa bulan yang lalu.

Beberapa contoh Mustang ter-upgrade lagi adalah model Boss. Ford telah membuat 2 jenis model
Boss. Yakni; Boss 302 dan Boss 429. Angka pada nama tersebut meningikasi berapa kapasitas mesin tersebut dalam skala "cubic-inch" (302ci= 4.900cc, 429= 7.000cc). Boss 302 muncul karena Ford ingin Mustang beradu dalam lomba SCCA Trans Am. Boss 429 muncul untuk mengadu dalam pembalapan paling populer di Amerika; NASCAR. Kedua model ini muncul pada tahun 1969 dan mereka merupakan salah satu Mustang yang paling langka (Model tahun 1969).

Beberapa selebriti dan orang populer AS yang memiliki Mustang merupakan;
-Jay Leno = 1965 Ford Shelby Mustang GT 350
-Presiden AS, Bill Clinton = 1967 Ford Mustang Convertible
-Patrick Dempsey = 1965 Ford Mustang Coupe
dan masih banyak lagi...


Tahun ke tahun berlalu dan Mustang mulai berubah dengan perlahan-lahan. Model Boss kembali pada tahun 1970 tapi dengan beberapa perubahan seperti lampu ujung yang diganti dengan lubang ventilasi palsu,

 Mustang terus berevolusi, Pada abad ke-21, Ford Mustang kembali lagi. Mustang tersebut tertampang lebih gagah dan "macho" dengan horsepower yang semakin banyak. Model Boss pun juga kembali dan Mustang terus bertumbuh dan bercabang dengan lahirnya model-model baru seperti "Roush" dan "Shelby GT 1000".

Meski terkadang Mustang memiliki kesalahan dan pencobaan. Ford Mustang merupakan ikon mobil terbesar Amerika Serikat. Bayangkan saja, Presiden pun juga memiliki mobil ini. Mustang memang sebuah mobil legendaris bagi bangsanya dan banyak penggemar mobil di dunia. Bagaimana menurutmu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar